Senin - Sabtu : 08.00 -17.00 WIB
WA 089508603247 Call 085215359973
E-mail : tiera.damarsa@gmail.com
Menu

Negara Pencetak Startup Terbanyak di Dunia dan Tips Sukses Dirikan Startup

Tahun 2010 ke atas adalah masa-masa pesat perkembangan bisnis start-up. Start-up adalah sistem bisnis rintisan yang dimulai dari nol oleh berbagai pengusaha. Dewasa ini, start-up yang eksis menjadi raja di masing-masing industrinya adalah hasil perkawinan antara bisnis dan teknologi. Basis aplikasi android dan media sosial adalah pengokoh akar bagi bisnis tipe ini. Berbekal perkembangan pesat di kedua bidang, beberapa negara mencetak start-up secara masif. Berikut lima daftar negara pencetak start-up terbanyak dan tips sukses dirikan start-up dari perusahaan negara tersebut. Selamat membaca!

Negara Pencetak Startup Terbanyak di Dunia dan Tips Sukses Dirikan Startup

Ilustrasi kantor start-up (pic by pixabay).

Negara Raja Start-up dan Tips Suksesnya

1. Amerika Serikat
Negara adidaya ini adalah satu di antara negara-negara dengan teknologi informasi dan komunikasi yang terbaik di dunia. Peluang bisnis dan permintaan produk berbasis teknologi tentu akan tinggi di negara ini. Tak heran jika Amerika Serikat berhasil menjadi negara pencetak start-up terbanyak. Faktor penyebab perkembangan pesat di kebutuhan dan kesadaran yang tinggi dalam produk digital ini adalah pendidikan. Amerika Serikat memiliki universitas top dunia seperti Stanford dan Harvard. Kedua universitas tersebut terkenal sebagai lembaga pendidikan yang berhasil melahirkan pembaharu yang kreatif berteknologi. Per Maret 2019, tercatat telah lahir 46.628 start-up di Amerika Serikat yang akan terus berkembang. Jika ditelusuri, tips sukses membangun start-up dari Amerika Serikat adalah memetakan kebutuhan pasar dengan baik seremeh apapun itu. Misalkan, kebutuhan informasi dari hal sekecil apapun dapat kamu peroleh dari Quora. Airbnb memudahkan kamu mencari penginapan murah, tidak terpaku pada hotel namun juga homestay lokal. Pinterest dan Giphy memudahkan kamu mencari gambar. Coursera memudahkan siswa memahami pelajaran. Tidak perlu kebutuhan yang muluk-muluk bukan?

2. India
Negara bollywood ini mengalami perkembangan riset sains dan teknologi yang pesat dalam 15 tahun belakangan. Kreativitas masyarakat India pun patut diacungi jempol. Setidaknya di bulan Maret 2019, 6193 bisnis digital rintisan telah lahir dan melejitkan posisi India sebagai runner-up negara pencetak start-up terbanyak. Beberapa start-up terkenal di India adalah Instamojo, Unacademy dan pepperfry. Kunci sukses start-up india adalah mengenali karakter pasar dan berempati dengan mereka yang kesulitan memiliki barang. Banyak start-up India yang memiliki misi memberikan harga barang termurah dengan kualitas terpercaya seperti mysmartprice atau pepperfry.

3. Inggris
Negaranya Ratu Elizabeth ini telah menelurkan 4909 start-up di dunia. Jumlah ini mempersembahkan kursi kehormatan ketiga sebagai negara pencetak start-up terbanyak di dunia. Identitas khas start-up negara ini adalah keefektifan, begitu pula tips sukses mencetak start-upnya adalah menciptakan layanan yang efektif bagi pelanggan. fits.Me Virtual Fitting Room, misalnya. Aplikasi ruang pas ini memungkinkan kamu untuk memperkirakan muat tidaknya pakaian yang akan kamu beli. Dengan begini, kemungkinan salah pesan akan semakin berkurang.

4. Kanada
Negara dengan daun mapel di bendera ini melahirkan 2486 start-up. Beberapa start-up terkenal dari kanada adalah ritual (aplikasi sejenis go-jek untuk restoran), Conavi Medical (start-up peningkatan kualitas jantung) dan Eventmobi (aplikasi yang mempermudah perencana acara). Tips sukses start-up dari Kanada adalah jangan takut bereksperimen hingga menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, berjejaring menjadi kebutuhan utama yang memudahkan pemasaran produk start-upmu lho.

5. Indonesia
Negara tercinta yang baru saja berulang tahun ini menempati posisi kelima negara pencetak start-up terbanyak dengan 2080 start-up yang berhasil rilis. Universitas dan lembaga pendidikan lainnya turut memakmurkan jumlah ini. Banyak start-up Indonesia yang telah menjadi unicorn seperti Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak. Raja start-up lainnya adalah KitaBisa dan RuangGuru. Tips sukses start-up di Indonesia adalah empati dan marketing. KitaBisa lahir dari empati yang terbentuk di hati Alfatih Timur muda. Begitu pula Bukalapak dan RuangGuru, yang juga memperoleh kepercayaan masyarakat dari marketingnya yang gigih dan kreatif.

Demikian lima negara pencetak start-up terbanyak. Salah satunya adalah negara kita. Informasi ini tentu menggugah nasionalisme dan semangat juang kamu bukan? Selamat berkreasi dan menyeriuskan usaha-usaha rintisanmu!

Penulis : Fajrin (Pendiri AnakDagang.com)

Baca Artikel Lainnya:

  1. Menulis Source Code di Postingan WordPress
  2. Trik Pasang Iklan Gratis dan Ampuh
  3. Negara Pencetak Startup Terbanyak di Dunia dan Tips Sukses Dirikan Startup
  4. WordPress Excerpt by Word, Not Character
  5. Alter Table sekaligus Reset Auto Increment MySQL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *