Senin - Sabtu : 08.00 -17.00 WIB
WA 089508603247 Call 085215359973
E-mail : tiera.damarsa@gmail.com
Menu

Flickr sebagai Solusi Penyimpanan Gambar WordPress

Idealnya, ketika kita memutuskan memakai platform wordpress maka perlu hosting yang super. Apalagi jika konten web kita nantinya banyak menyisipkan gambar atau foto. Tanpa dukungan hosting yang maksimal, eksistensi web kita yang wordpress dapat “termehek-mehek” di tengah jalan.

Sayangnya, tidak semua kita punya budget yang mencukupi untuk membeli hosting yang powerfull. Terkadang kita hanya bisa menyewa hosting murah yang spacenya kecil. Sementara kita butuh ruang yang lebih banyak untuk menyimpan gambar pendukung artikel.

Solusinya kita bisa menyimpan foto dan gambar untuk wordpress di pihak ketiga. Ada blogspot, ada cloudinary dan ada pula flickr. Tiga nama ini saya rekomendasikan mengingat kemudahan pemakaiannya. Mungkin masih banyak tempat lainnya namun saya kurang atau belum familiar dengannya.

Logo Flickr (Pixabay.com)

Kali ini kita akan membahas bagaimana menyimpan gambar di Flickr agar dapat dimanfaatkan untuk mendukung web kita yang wordpress.

Pertama, buat akun email Yahoo. Ini wajib mengingat syarat utama login di Flickr adalah dengan email Yahoo.

Kedua, pilih tombol Upload yang ada di layar Flickr.

Ketiga, bila proses upload sudah berhasil maka pilih Kumpulan Foto Anda.

Keempat, pilih gambar atau foto yang ingin disisipkan di artikel kita. Lalu pilih ikon BAGIKAN FOTO yang ada di bawah kanan layar Flickr.

Kelima, pilih tab BBCODE lalu copy link di dalamnya seperti ini [url=https://flic.kr/p/2gisxKn][img]https://live.staticflickr.com/65535/48111604207_30fcb6866e_z.jpg[/img][/url][url=https://flic.kr/p/2gisxKn]table-numbering-auto[/url].

Dari kode tersebut, cukup kita ambil yang ada di antara kode [img] dan [/img] yakni https://live.staticflickr.com/65535/48111604207_30fcb6866e_z.jpg. Link inilah yang kita gunakan.

Keenam, buka artikel di ruang admin wordpress lalu ADD MEDIA – Insert from URL. Masukkan link yang baru kita ambil tadi.

Ketujuh, silakan sesuaikan ukuran maupun align gambar yang kita sisipkan. Selesai.

Lantas bagaimana dengan feature image atau thumbnailnya? Bukankah harus diupload langsung ke hosting kita?

Untuk menampilkan feature image atau thumbnail dari Flickr mudah kok. Cuma bukan di artikel ini. Insya Allah kita akan bahas di lain waktu.

Demikian sekilas cara memanfaatkan Flickr sebagai hosting pendukung web wordpress kita. Dengan menggunakan Flickr sebagai tempat menyimpan gambar, tentu ini sangat menghemat space hosting web kita. Semoga bermanfaat.

 

Baca Artikel Lainnya:

  1. Quick Way to Solve PHP Undefined Constant
  2. Menulis Source Code di Postingan WordPress
  3. Negara Pencetak Startup Terbanyak di Dunia dan Tips Sukses Dirikan Startup
  4. Quick Way to Solve PHP Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at)
  5. Cara Mudah Menambahkan Chat WA (WhatsApp) di Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *